IKHLASKAN DIRI DI BULAN SUCI #RaihIkhlas Bersama OVO | Invest


Mari kita mulai cerita ini dengan sebuah kalimat pendek: Bagiku, Ramadan tahun ini terasa sangat berbeda.

Dunia (masih) sedang tidak serba pasti akibat pandemi Covid-19. Seperti tahun lalu, Ramadan tahun ini pun harus ikhlas untuk tetap di rumah saja. Rasa-rasanya memang baru kemarin kita merayakan Ramadan tahun lalu dengan kehidupan new normal. Tidak ada pawai menyambut Ramadan, tidak ada ngabuburit bersama Sahabat atau teman kantor, bahkan sholat Tarawih pun harus di rumah saja. Tahun ini, hal ini masih saja terjadi. Meskipun untuk sholat Tarawih sudah mulai dilaksanakan di masjid-masjid. Namun, imbauan untuk tetap di rumah saja masih terus digaungkan. Hal ini untuk memastikan tidak ada lonjakan angka Covid-19 di Indonesia.

 

HARI INI: RAMADAN.

Jarak memisahkan. Saudara dan kawan-kawan.

Biasa riuh ramai di jalanan.

Burung-burung pun ikut terdiam.

Tapi, jangan-jangan, Tuhan sedang rindu berbincang,

Berdua saja denganku, setelah sering kutinggalkan.

 

 

Kembali ke kalimat pertama dari cerita ini dimulai: Bagiku, Ramadan tahun ini terasa sangat berbeda. Selain fakta-fakta di atas, bagiku pribadi, Ramadan kali ini begitu lain. Karena untuk kali pertama, aku menjalani ibadah Ramadan tanpa Ibu. Ibu sudah menghadap Allah SWT November 2020. Itu berarti puasa kali ini tidak ada beliau lagi. Meskipun, sudah bertahun lamanya aku merantau ke kota lain, tidak lagi serumah dengan Ibu, tetapi setiap sahur, Ibu selalu membangunkan aku.

 

“Ayo, bangun sahur?”

“Sahur pakai apa hari ini, Le?”

“Ibu dan Bapak di rumah sudah sahur ini. Kamu sahur belum?”

 

Ibu tidak pernah absen untuk membangunkan aku. Suaranya menghiasi sahur setiap tahun. Namun, tahun ini tentu saja tidak ada suara beliau lagi.

Rasanya kata ikhlaslah yang tepat untuk menggambarkan Ramadanku tahun ini. Aku harus ikhlas, tentu saja. Meskipun rasanya belum juga percaya. Ibu pergi tanpa pamit tahun lalu. 

Lebaran tahun ini pun (masih) terasa berbeda. Untuk kali kedua, tidak mudik lagi. Pemerintah sudah resmi memperketat dan melarang kita untuk mudik mulai dari tanggal 22 April hingga 24 Mei 2021. Aku masih ingat suasana Ramadan dan Lebaran tahun lalu karena tidak mudik. Saat itu, saya masih kerja di Bandung. Di sana, tidak ada saudara. Jadinya, benar-benar terasa sangat sepi sekali.

 


Lebaran tahun ini pun sepertinya masih akan sama. Meskipun, saya bisa berlebaran di rumah Kakak di Tangerang, tetapi rasanya kok tetap ada yang kurang.

“Pak, lebaran tahun ini nggak bisa mudik. Pemerintah melarang dan memperketat mudik. Padahal aku kangen rumah.”

“Ya, ndak papa Le. Yang penting semua sehat-sehat saja. Kita semua harus ikhlas. Ini untuk kebaikan kita semua, kan? Kamu tetap harus semangat bekerjanya. Jangan sampai hal-ha semacam ini mengganggu kerjaan kamu dan juga ibadahmu di Ramadan kali ini,”

Lagi-lagi kita harus ikhlas, kan?

 

 

RAIH IKHLAS SAAT RAMADAN

Meskipun Ramadan kali ini, kita masih di rumah saja, kita harus tetap ikhlas menjalaninya. Saya terus menerus ingat perkataan Bapak. 

Kamu tetap harus semangat bekerjanya. Jangan sampai hal-hal semacam ini mengganggu kerjaan kamu dan juga ibadahmu di Ramadan kali ini. Intinya sih ya tetap harus ikhlas dalam menjalani apapun yang kita hadapi sekarang ini. 

Ya, kan dari pada kita terus menerus menyalahkan keadaan, mending kita #RaihIkhlas saja. Selain menjalani ibadah Ramadan dengan ikhlas agar memperoleh banyak pahala, kita juga harus ikhlas untuk bekerja sebaik-baiknya agar tetap dapat menghadapi situasi yang serba tidak pasti seperti sekarang.

Tahun lalu, adanya pandemi memang pukulan terberat bagi semua orang. Banyak yang kehilangan pekerjaannya, bisnis satu persatu gulung tikar, keadaan ekonomi benar-benar tidak menentu. Hal itu juga yang menyadarkan aku bahwa investasi untuk masa depan itu penting.

Makanya, seperti nasihat dari Bapak, aku harus tetap bekerja sebaik-baiknya. Dan karena peristiwa pandemi Covid-19 kali ini, aku harus benar-benar ikhlas untuk menyisihkan gajiku setiap bulan untuk investasi masa depan. Tujuannya untuk hal-hal seperti sekarang. Kita kan tidak akan pernah tahu apa yang akan kita hadapi tahun-tahun berikutnya.

 

Mungkin saja nanti giliran kita yang tidak memiliki pekerjaan

Mungkin saja nanti ada hal-hal yang tidak terduga kembali datang

Mungkin saja…

Mungkin saja…

Dan kemungkinan-kemungkinan serta ketidakpastian-ketidakpastian yang nanti akan kita temu

 

Makanya, investasi haruslah menjadi tujuan finansial kita. Apalagi sekarang itu investasi bisa sangat mudah dilakukan. Bahkan, mulai dari Rp 10.000 saja. Tidak percaya? Kamu bisa melakukannya kalo pakai OVO | Invest.

 


Sebagian teman-teman mungkin lebih mengenal OVO sebagai layanan keuangan digital dari Indonesia. Nah, beberapa waktu lalu OVO baru saja meluncurkan OVO | Invest, yaitu fitur baru investasi reksadana dari OVO yang bekerja sama dengan Bareksa. OVO | Invest diluncurkan pada tanggal 26 Januari 2021.

Produk ini merupakan salah satu terobosan terbaru dari OVO di Indonesia, yaitu dengan mengintegrasikan e-money dan e-investment. Investasi reksadananya pun cukup mudah, mulai dari Rp 10.000 dari aplikasi OVO kamu. 

 

 

MENGAPA HARUS INVESTASI DI OVO | Invest ?

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh jika melakukan investasi di OVO | Invest. Apa aja sih keuntungannya?

  • Seluruh proses pendaftarannya mudah karena semuanya dilakukan 100% secara online di aplikasi OVO. Dengan pendaftarannya yang mudah, kamu bisa melakukannya di mana saja lho asal smartphone kamu didukung oleh jaringan internet. 
  • Selain proses pendaftarannya yang mudah, pembeliannya juga mudah. Kamu bisa mulai berinvestasi hanya dengan Rp 10.000 saja menggunakan OVO Cash.
  • Keuntungan lainnya ketika berinvestasi di OVO | Invest adalah bebas biaya pembelian. Jadi tidak ada lagi tuh biaya tambahan lainnya
  • Selain itu, pencairan dana investasi ke OVO Cash dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa adanya biaya admin. 
  • Kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan potensi keuntungan dari return investasi yang kamu lakukan di OVO | Invest
  • Kamu dapat memantau kinerja portofolio investasi kamu dari mana saja dan kapan saja dalam aplikasi OVO

 



 

LALU, BAGAIMANA CARA BERINVESTASI DI OVO | Invest

Jika sudah mengetahui keuntungan-keuntungan investasi di OVO | Invest, yuk mulai berinvestasi di OVO | Invest. Caranya mudah banget kok. 



YUK DAFTAR DULU

1.    Jangan Lupa Upgrade OVO Kamu Menjadi OVO Premier Terlebih Dahulu

Sebelum mulai berinvestasi, kamu harus upgrade OVO kamu menjadi OVO Premier. Dengan OVO Premier kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:

a. mengirim uang jadi lebih mudah

b. kamu akan mendapatkan kenaikan saldo OVO Cash hingga 10 juta rupiah

c. kamu sudah mulai bisa berinvestasi di OVO | Invest

 



 

2.    Setelah upgrade OVO kamu ke OVO Premier, sekarang kamu bisa langsung memanfaatkan menu INVEST di aplikasi OVO kamu. Klik icon Invest tersebut.

 

3.    Lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

a.     Klik Fitur ‘INVEST’

b.     Klik Tombol ‘MULAI SEKARANG’

c.      Centang syarat dan ketentuan, lalu klik ‘LANJUTKAN’

d.     Isi profil resiko kita sebelum melanjutkan pendaftaran

e.     Isi data diri, lalu klik ‘KIRIM’. Tunggu akun kita diverifikasi. Estimasinya 1 x 24 jam. Biasanya akan tampil di jendela notifikasi pada aplikasi OVO bila registrasi berhasil dilakukan.


 

 

YUK MULAI INVESTASI

Setelah akun sudah terverifikasi, maka kamu bisa mulai melakukan investasi dengan melakukan pembelian menggunakan OVO Cash. Kamu bisa melakukannya di mana saja, dan kapan saja lho. Bahkan dari tempat tidur pun bisa.

 

  1. Pertama, buka portfolio investasi kamu, lalu klik “Beli”
  2. Masukkan jumlah investasi. Kamu bisa memasukkan nilai investasi mulai adalah Rp 10.000
  3. Konfirmasi pembelian kamu dengan klik SETUJU. 
  4. Pilih metode pembayaran. Kamu bisa menggunakan OVO Cash kamu ya.
  5. Proses pun selesai. Proses pembelian sampai realisasi di portfolio akan memakan waktu maksimal 3 hari bursa (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur)

 




 

CARA MENCAIRKAN INVESTASI KAMU DI OVO | Invest

Jika suatu saat kamu ingin mencairkan investasi, kamu bisa melakukan melalui fitur Invest juga. 

  1. Pertama, buka portfolio investasi kamu
  2. Kemudian, klik pada tombol ‘JUAL’
  3. Input jumlah yang ingin kamu jual, lalu klik lanjutkan
  4. Dana yang ingin kamu cairkan nantinya akan bisa langsung masuk ke OVO Cash kamu.

 



Mudah sekali bukan? Dengan adanya OVO | Invest kita bisa mulai investasi sekarang. Nah, kamu juga bisa manfaatkan berravam promo yang ditawarkan OVO | Invest. Jika kamu enggak mau kelewatan promo-promonya, segera pantau media sosial OVO | Invest atau akun OVO mu. Yuk, daftar sekarang dengan klik link berikut.

Investasi haruslah menjadi tujuan financial kita. Seperti yang sudah aku sampaikan di depan, kehidupan setelah pandemi ini pastilah serba tidak pasti. Dan Pandemi ini mengajarkan aku agar aku harus siap kapan saja, termasuk dalam hal financial. Oleh karena itu, investasi haruslah mulai dilakukan sesegera mungkin. 

Kita kan tidak akan pernah tahu apa yang akan kita hadapi tahun-tahun berikutnya. Kita harus ikhlas menghadapi setiap situasi dan kondisi yang ada. 

OVO | Invest akan membantu kamu untuk #RaihIkhlas agar bisa menghadapi Ramadan tahun ini dan situasi ke depan yang serba tidak pasti.

 

Yuk, #RaihIkhlas bersama OVO | Invest.

 



No comments